Re-generasi

Posted: January 19, 2012 in Research Progress

Setelah berhasil dengan proses gasifikasi dan desulfurisasi yang dapat berjalan sekaligus dalam satu reaktor gasifikasi yang dilengkapi dengan katalis sekaligus solvent molten alkali carbonates (MACs), penelitian dilanjutkan dengan mempelajari kemungkinan mere-generasi solvent yang sudah digunakan untuk desulfurisasi. Konsepnya adalah re-generasi dan re-sirkulasi terhadap used alkali carbonates sehingga akan meningkatkan efisiensi system dan nilai ekonomis.

Skema di atas menunjukkan bahwa dibutuhkan suatu regenerator untuk me-regenerasi used MACs. Selanjutnya regenerated MACs dapat di re-sirkulasikan kembali ke dalam reaktor.

Berdasarkan reaksi desulfurisasi: M2CO3+H2S/COS–>M2S+H2O+CO2 (M: alkali metals), diketahui bahwa konten utama used MACs adalah M2S. Untuk menghasilkan kembali M2CO3, maka digunakan steam and CO2 sebagai regeneration agents. Parameter penting disini adalah mencari rasio steam dan CO2 serta temperature reaksi yang optimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rasio dan temperature tertentu, efisiensi regenerasi bisa mencapai 95 %.

Penelitian ini dan beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa alkali carbonates memiliki karakter yang lengkap, sebagai katalis, desulfurizer, ash kolektor, dan bahkan bisa dire-generasi.

Next: alkali carbonates gasifier sebagai sebuah sistem power plant

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s