Ada Kampung “Madinah” di Indonesia?

Posted: January 1, 2011 in Renungan

Saya sendiri belum pernah berkunjung ke sana, informasi ini saya dapatkan dari teman-teman dan internet. Seandainya saya di Indonesia sekarang, ingin sekali berkunjung ke sana, melihat dan merasakan suasana agama yang hidup di kalangan masyarakatnya.

Adalah kampung Temboro, terletak di antara tiga kota Madiun, Ngawi dan Magetan. Dari terminal atau stasiun Madiun, bisa menggunakan taksi atau ojek dengan pasword Temboro, atau kalau mau lebih ekonomis, ganti bus ke Terminal Maospati, dan dilanjutkan dengan ojek.

Beberapa informasi yang saya dapatkan, begitu kita memasuki gerbang desa, terpampang tulisan dengan jelas “Kawasan Berbusana Muslim”. Para lelaki menggunakan pakaian gamis dan para wanitanya berjilbab dan ada juga yang bercadar. Dalam berbusana, mereka berusaha meniru idola mereka yaitu Rasulullah, para sahabat beserta istri-istri yang sholehah.

Di Temboro ini, ada pesantren yang bernama Al Fattah, yang merupakan pesantren NU. Kelebihan pesantren ini adalah bisa menularkan suasana agama ke penduduk sekitarnya, melalui usaha dakwah ilallahu yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabat. Mulai dari Kyai hingga santrinya turun langsung ke masyarakat untuk berdakwah, tidak saja di kampung sekitar, tapi juga kota lain, propinsi lain, bahkan negara lain sesuai dengan kemampuan ekonomi yang dimiliki masing-masing.

Di Temboro ini terdapat 4 buah mesjid, yang menakjubkan adalah ketika terdengar suara azan, maka masyarakat berduyun-duyun menuju mesjid, ada yang berjalan sambil bersiwak, membawa pacul, membawa karung rumput, semuanya meninggalkan kegiatannya demi memenuhi panggilan azan, empat mesjid dipenuhi seperti layaknya sholat jumat, Subhanallah.

Jika ingin berwisata religi, InsyaAllah inilah salah satu tempat yang cocok. Waktu yang tepat biasanya adalah hari kamis, karena akan ada program selepas magrib hingga subuh. Selepas magrib ada pengajian tentang pentingnya Iman dan Amal sholeh, sehabis Isya ada pembacaan taklim, dan sepertiga malamnya berjaga melaksanakan shalat malam. Tentang jamuan makan tidak usah khawatir, karena makan malam, sarapan dan makan siang disediakan.

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s