Yamaha MotoGP tanpa Sponsor?

Posted: December 27, 2010 in Sport Review

Walaupun memboyong tiga title juara dunia sekaligus, rider, team dan konstruktor, tidak menjamin Yamaha MotoGP mendapatkan sponsor utama untuk memulai musim 2011. Lin Jarvis, manajer Yamaha MotoGP team mengatakan, mereka akan tetap mengikuti musim 2011 walau tanpa sponsor utama. Jika demikian, berarti beban biaya operasional akan ditanggung semuanya oleh markas Yamaha di Jepang.

Fiat yang merupakan sponsor utama musim-musim sebelumnya, menyatakan mengundurkan diri berbarengan dengan mundurnya Valentino Rossi dari Yamaha, ini setidaknya membuktikan bahwa negara asal rider selalu menggandeng sponsor di negaranya.

Jika demikian, musim 2011 ini merupakan musim yang lebih berat bagi Yamaha MotoGP dibanding musim2 sebelumnya, terutama ditengah krisis global tanpa adanya sponsor utama. Tim-tim kecil (satelit) biasanya langsung akan cabut dari kompetisi bila tidak berhasil menggandeng sponsor. Sementara itu, tim-tim utama lainnya seperti Honda, masih mesra dengan sponsor utamanya Repsol (asal Spanyol). Sedangkan Ducati setelah didatangi Valentino Rossi,  juga tidak menemui banyak masalah setelah ditinggal Marlboro, langsung mesra dengan Marcedes-AMG GmBH asal Jerman. Rasanya memang agak aneh, Yamaha yang memenangi 3 title sekaligus di musim 2010, kok malah kesulitan menarik sponsor utama? Apakah faktor rider juga mempengaruhi?… untuk mendapatkan jawabannya, sebaiknya ditunggu saja hasil penjualan sepeda motor Yamaha di Indonesia maupun dunia setelah iconnya digantikan Jorge Lorenzo.

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s