Sistem Pengelolaan Sampah di Jepang

Posted: December 27, 2010 in Latest Technology

Pengelolaan sampah di Jepang menerapkan prinsip recycle, yaitu sampah di treatmen sedemikian rupa sehingga dapat digunakan kembali. Negara Jepang terkenal dengan recycle sampahnya yang mencapai kurang lebih 90% dari timbulan sampahnya, luar biasa. Bandingkan dengan Indonesia, yang secara terpaksa menerapkan sistem dumping (penimbunan ke dalam tanah, bahkan di beberapa tempat dibuang di atas tanah atau badan air). Padahal kalau mau jujur, prinsip dumping ini adalah metode purbakala, dan sudah seharusnya ditinggalkan menuju ke prinsip pemanfaatan sampah.

Kunjungan ke salah satu recycle centre di suatu kota di Jepang, membuka mata bahwa sampah adalah merupakan salah satu masalah yang harus dikelola secara profesional. Gambar di awal tulisan ini (di atas) adalah salah satu produk dari sistem recycle di Jepang.

Sebagaimana teori standar pengelolaan sampah, maka para penghasil sampah diwajibkan memilah dan meletakkan sampah di depan rumah/apartemen sesuai dengan jenisnya. Pemisahan yang umum di Jepang adalah sampah plastik yang terdiri dari kemasan plastik dan kemasan kertas, pokoknya yang diberi simbol recycle. Sampah basah/terbakar yang terdiri dari sisa-sisa dapur, tissue, karton, majalah, dsb. Kemudian sampah tidak terbakar seperti barang2 elektronika, kursi, meja, dsb. Sampah berbahaya seperti baterai, botol sprayer, lampur, dsb.

Pengelolaan sampah di recycle centre dilakukan berdasarkan jenisnya. Sampah plastik dipilah lagi, dibersihkan, dan di kemas dan di kirim ke perusahaan pengolah plastik untuk di jadikan bijih plastik dan diproses menjadi barang yang dapat digunakan. Gambar berikut ini menunjukkan sampah-sampah yang telah di kemas dan siap dikirim ke perusahaan (pihak ketiga)

Bersambung…

SR75

Comments
  1. saya sangat setuju dengan artikel ini, saya ingin mencoba mempraktekkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s