Mobil dan SIM di Jepang #1

Posted: December 6, 2010 in Latest Technology

Waktu pertama kali tahun 2004 sampai di Jepang, yang pertama sekali menjadi perhatian saya adalah kendaraan-kendaraan yang bersliweran di jalan raya, sangat kontras dengan yang bersliweran di jalan2 di Indonesia. Kalau di Indonesia, mobil yang hilang pintunya, knalpot seperti cerobong asap – pun kadang masih bersliweran di jalan raya. Di Jepang, susah menemukan mobil yang gak bagus, semuanya seperti baru, dengan knalpot yang hanya mengeluarkan asap putih (uap air), artinya pembakarannya sempurna.

Jepang memang terkenal dengan industri otomotifnya yang tangguh. Di awal pertumbuhannya, salah satu cara Jepang melindungi industri otomotifnya dari serangan produk luar seperti Amerika, adalah dengan membuat jalan yang kecil-kecil yang disesuaikan dengan mobil Jepang yang ukurannya juga kecil-kecil. Sehingga otomatis mobil Amerika yang gede-gede gak laku di Jepang, alias kalah bersaing dengan mobil-mobil produk Jepang yang notabene kecil-kecil.  Dengan demikian, industri otomotif Jepang dapat berkembang dengan baik menjadi raja di negerinya sendiri. Bandingkan dengan Indonesia yang berusaha mandiri di bidang otomotif dengan membuat program mobil nasional (mobnas), yang intinya memanjakan perusahaan pemegang hak impor mobnas, ternyata syarat dengan KKN, dan akhirnya ambruk total.  Sekarang, industri otomotif Jepang memimpin dunia di bidang teknologi hybrid, yang menggabungkan internal combustion engine dengan electrical engine.

Kembali ke mobil-mobil klimis yang bersliweran di jalan-jalan di Jepang, mekanisme apa yang diterapkan sehingga mobil2 yang beroperasi tidak hanya laik jalan tapi juga laik lingkungan?

Bersambung…

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s