Waste To Energy dengan Gasifikasi

Posted: September 23, 2010 in Research Progress

Seluruh biomateri di muka bumi ini sering juga disebut biomassa karena rantai karbon dan hidrogen. Yang sudah umum dimanfaatkan untuk bahan bakar dan terus meningkat penggunaan menggantikan minyak bumi adalah batubara. Yang sedang diteliti potensi pemanfaatannya untuk energi adalah limbah, baik limbah padat (municipal solid waste) atau limbah sludge. Dewasa ini, sudah banyak perusahaan yang mengolah limbah padat menjadi bahan bakar yang siap dimanfaatkan dalam bentuk refused derive fuel (RDF). Disamping itu, banyak juga penelitian yang dilakukan untuk mempelajari karakteristik biomassa menjadi energy dengan thermal konversi.

Penelitian yang pertama sewaktu master, adalah pemanfaatan katalis dalam proses gasifikasi untuk mengubah batubara dan biomassa menjadi hidrogen dan carbon monoksida yang dapat dimanfaatkan oleh gas turbin, steam turbin dan fuel cell dalam pembangkit tenaga listrik. Sumber biomassa yang digunakan sebagai fuel umumnya diperoleh dari sampah perkotaan, sehingga aplikasi penelitian ini adalah selain mencari alternatif energi baru juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan secara termal terhadap solid waste, misalnya sampah perkotaan. Penambahan katalis yang sesuai dapat meningkatkan proses sekaligus mengurangi polutan gas yang dihasilkan. Peran katalis dalam proses gasifikasi inilah yang sedang di teliti dalam penelitian kami.

Sampel biomassa adalah hinoki sawdust, katalis adalah dari golongan alkali tanah dan agen gasifikasi adalah gas CO2. Biasanya proses gasifikasi dengan CO2 tanpa katalis membutuhkan suhu yang sangat tinggi (> 1200 C), tapi dengan memanfaatkan katalis, proses gasifikasi dapat dilaksanakan pada suhu sekitar 900 C. Keuntungan yang diperoleh karena rendahnya temperatur gasifikasi terutama adalah meningkatnya total efisiensi karena energi yang dibutuhkan lebih rendah untuk menaikkan temperatur operasi.

Bersambung…

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s