Bio-Energy Conversion

Posted: February 4, 2010 in Research Progress

Bio-energy conversion adalah proses yang dilakukan terhadap biomassa untuk mengubahnya menjadi energi atau bentuk kimia lain yang lebih bermanfaat. Biomassa dapat dikonversi menjadi 3 bentuk utama, yaitu power/heat, fuel gas dan stok kemikal. 2 kategori pertama adalah energi, sedangkan yang ketiga adalah bahan baku dasar untuk industri kimia (mis: berbagai jenis rantai C-H). Berkaitan dengan energi, maka 2 bentuk pertama yang akan banyak dibahas.

Power/heat adalah energi yang dihasilkan dari konversi biomassa dalam bentuk panas, yang selanjutnya panas tersebut diubah menjadi listrik dengan menggunakan steam turbine. Kemudian bentuk ke-2 yaitu fuel gas yang terdiri dari H2 dan CO, yang bisa dimanfaatkan juga untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan gas turbine, fuel cell dan steam turbine. Fuel gas ini dikenal juga dengan sebutan transportation fuel karena memungkinkan untuk disimpan dan mobile.

Konversi biomassa menjadi energi dapat dilakukan dengan 2 teknologi utama yaitu thermo-chemical and bio-chemical/biological conversion. Dari namanya sudah jelas bahwa thermo-chemical conversion maksudnya adalah proses konversi melalui reaksi kimia yang dipicu pada suhu tinggi. Sedangkan bio-chemical/biological conversion adalah pemanfaatan proses-proses penguraian kimia-biologi untuk menkonversi biomassa menjadi unsur yang lebih sederhana. Thermo-chemical conversion terdiri dari proses-proses combustion, pyrolysis, gasification dan liquefaction. Sedangkan bio-chemical/biological conversion terdiri dari proses-proses digestion dan fermentation.

Bersambung…

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s