Sekarang Masanya Renewable Energy

Posted: February 3, 2010 in Research Progress

Hampir semua orang dimuka bumi mafhum bahwa dunia sekarang ini sangat bergantung kepada unrenewable energy atau sumber energi yang tidak bisa diperbaharui. Contoh sumber energi ini adalah minyak bumi dan batubara. Karena terus dieksplorasi untuk kepentingan seluruh umat manusia dimuka bumi ini, maka bersamaan dengan bertambahnya waktu, cadangan energi tersebut semakin menipis. Dan pasti suatu saat di masa depan, dunia akan kehabisan sama sekali cadangan energi tersebut, terus bagaimana solusinya supaya kehidupan tidak punah? Sudah pasti manusia sudah harus mulai mencari energi alternatif melalui riset dan pengembangan, mulai dari fundamental riset skala laboratorium, pilot project, hingga aplikasi secara nyata.

Beberapa negara maju seperti Jepang, US dan Canada sudah memulai pencarian sumber energi terbarukan ini dalam beberapa dekade terakhir ini. Beberapa hasil penelitian tersebut sudah mulai diaplikasikan, tetapi tetap terus dikembangkan untuk meningkatkan overall efficiency-nya.

Salah satu sumber energi terbarukan dan menjadi fokus penelitian beberapa negara maju adalah biomassa. Biomassa adalah terminologi umum bahan-bahan yang memiliki kandungan utama Carbon dan Hidrogen, misalnya woods. Sumber biomassa lain, terutama di negara-negara berkembang yang perlu menjadi perhatian adalah limbah kelapa sawit. Kemudian limbah padat (solid waste), khususnya dari aktifitas domestik (RT) juga menyandang gelar biomassa. Jadi sebenarnya biomassa ini jumlahnya sangat banyak disekitar kita, karena itu biomassa ini merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang sangat potensial.

Semenjak jaman dahulu, orang sudah memanfaatkan biomassa ini untuk sumber energi tentu dengan cara yang sederhana, yaitu dengan membakarnya, mis: penggunaan kayu bakar untuk keperluan dapur, pembuatan arang untuk bahan bakar dsb. Cara-cara sederhana ini sangat rendah efisiensi, dan tentu energi yang dihasilkan tidak bisa menjadi energi massal. Untuk mengubah biomassa menjadi energi massal yang potensial, para peneliti di negara-negara maju terus mengembangkan teknologi konversi biomassa menjadi energi atau lebih dikenal bio-energy conversion.

Bersambung…

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s