Ojiisan, Obaasan…

Posted: August 7, 2009 in Life

Sudah setahun kami tinggal di Jepang tepatnya di Nagoya, jarak antara rumah ke kampus mengharuskan naik bis, dilanjutkan dengan subway yang total waktunya 45 menit, atau kalau mau olah raga bisa menggunakan sepeda.

Jika berangkat agak siangan (di atas jam 9 pagi), maka penumpang bis dan kereta didominasi oleh kakek dan nenek, kurang lebih 70%. Jika memperhatikan statistik kependudukan Jepang, memang komposisi jumlah penduduk Jepang didominasi oleh LANSIA.

Permasalahan komposisi penduduk ini, dimana usia non produktif lebih tinggi dari usia produktif, merupakan hal yang sangat dikuatirkan oleh pemerintah Jepang. Seorang teman Jepang pernah bercerita bahwa dewasa ini banyak universitas terpaksa ditutup karena jumlah pemuda usia sekolah yang melamar jauh dibawah target.

Kondisi ini diakibatkan karena harapan hidup orang Jepang yang No. 3 di dunia (Jepang: 82,07 thn; Indonesia: 70.16 thn ranking 135), pelayanan kesehatan yang sangat baik, keengganan pemuda Jepang memiliki anak, kecenderungan untuk memilih hidup sendiri dan mengutamakan karier).  Melihat kondisi ini, sebenarnya sudah banyak usaha pemerintah Jepang memberikan stimulus dan fasilitas bagi keluarga yang memiliki anak atau ingin memiliki anak. Beberapa fasilitas itu misalnya, penggantian biaya 100% ketika persalinan, memberikan tunjangan anak tiap bulan, memberikan BLT (bantuan langsung tunai) dimana jumlahnya semakin tinggi untuk anak ke3 dst, memberikan subsidi bagi yang menjalani program kehamilan, misalnya inseminasi dan bayi tabung, dsb. Mungkin, disinilah berlaku pepatah “banyak anak banyak rezeki”.

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s