Jujur Kacang Ijo

Posted: July 29, 2009 in Life

Kejujuran

Pengalaman ini terjadi ketika saya duduk di bangku SMP kelas 2 tahun 1989. Lokasi SMP di kecamatan Jayapura Selatan, Propinsi Irian Jaya (nama lama). Tidak seperti sekarang, guru tidak berani sembarangan memukul murid, pada saat itu apalagi di daerah timur guru mudah untuk menempeleng, memukul/melecut dengan stick bambu (kadang selalu dibawak kalau ngajar).

Nah, ceritanya, sudah beberapa hari kami berlatih baris-berbaris untuk menghadapi lomba dibawah bimbingan seorang guru penanggung jawab. Jumlah kami sekitar 16 orang. Kemudian pada hari H, kami harus berkumpul jam setengah 7 pagi (kalau tidak salah) disuatu tempat dekat dengan lokasi start untuk selanjutnya membentuk barisan dan memulai lomba. Sayangnya, pagi itu hujan sedang, sehingga ada beberapa anggota kami yang tidak hadir termasuk saya.

Hari senin, seluruh yang tidak hadir dikumpulkan oleh guru penanggung jawab tersebut di depan ruangannya. Satu persatu kami dipanggil dan ditanyai alasan ketidak hadiran, dan akhirnya mendapat hadiah tamparan telak (plak…). Tiba giliran saya, melihat kemarahan pak Guru itu, saya juga sudah gak mau tahu apa yang bakalan terjadi dengan saya, palingan ditampar.

“Hei.. kenapa kamu tidak datang? kamu tidak kasian sama kawan2 lain yang datang kemudian berlomba di bawah hujan? Kenapa?” Pertanyaan disertai hardikan. Karena tidak mau mengada-ada, saya jawab “saya memang malas datang Pak?”. Saya tidak menyangka pak Guru itu kemudian menyalami saya dan berkata “itu baru laki-laki, saya menghargai kejujuran, kembali ke kelas”.

Kawan-kawan yang masih menunggu di luar, tercengang, kok Slamet tidak ditampar ya…!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s