Ulasan: MotoGP Round 6 Catalunya

Posted: July 13, 2009 in Sport Review

RossiLorenzo

Battle between Rossi and Lorenzo

Kalau memperhatikan race kali ini, mungkin Yamaha perlu bersyukur karena memiliki 2 rider yang tidak diragukan talentanya, jenius, berani, dan tahan banting. Awal race, 3 rider, lorenzo, rossi, dan stoner langsung melesat meninggalkan rival2nya. Lepas lap ke8, stoner mulai tertinggal oleh rossi dan lorenzo.

Battle antara rossi dan lorenzo dimulai pada lap ke12. Hingga finish, tercatat 4 kali pergantian posisi. Yang paling menarik adalah 3 lap terakhir, ketika rossi berhasil meng-overtaking lorenzo di trak lurus, nampaknya exit corner speed-nya lorenzo kurang maksimal. Setelah itu, lorenzo selalu berada tepat di rear tire-nya rossi. Masuk ke home straight lagi, kali ini tampak lorenzo mengoptimalkan top speednya, dan berhasil melewati rossi, tapi tanpa disangka oleh lorenzo, menjelang masuk corner, rossi masih sempat mengambil alih posisi dengan strategi late brakingnya dari sisi luar, skill yang tidak dimiliki rider lain (what a skill). Home straight selanjutnya, memasuki lap terakhir, lorenzo kembali mengoptimalkan top speed dan late brakingnya, dari sini terlihat nampaknya roda lorenzo sisa gripnya masih lebih bagus dibanding roda rossi. lorenzo kembali memimpin.

Tapi bukan rossi namanya kalau menyerah sebelum finish, sempat terpikir apakah sejarah overtaking rossi terhadap giberneu di last lap bakalan terulang? ternyata terulang, satu corner menjelang finish, rossi berhasil meng-over taking lorenzo (what a race). Hanya kali ini, lorenzo tidak terlempar ke luar trak kayak giberneu. Rossi akhirnya menang atas lorenzo dengan beda waktu hanya 0,095 detik. 4 lap terakhir bisa dilihat di link ini:

Terlihat bahwa, dengan mesin yang sama, roda yang sama, pengalaman dan skill rossi masih di atas lorenzo. Apalagi terlihat bahwa setting mesin atau sisa grip karet roda lorenzo masih sedikit diatas rossi, terbukti pada trak lurus lorenzo selalu unggul. Tapi, rossi unggul dalam memainkan skill late brakingnya saja.

Dalam setiap season, selalu ada 1 round yang sangat menarik, season 2008 ditandai dengan battle antara stoner dan rossi di round 11 Laguna Seca, season 2009 ini ditandai dengan round 6 ini, karena sekarang rider menggunakan roda yang sama (single tyre rule), ada kemungkinan battle seperti ini bisa lebih dari sekali.

SR75

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s