Sampah, enaknya diapain? bag 1

Posted: July 10, 2009 in Latest Technology

Sekarang ini, pemerintah giat mensosialisasikan bahwa pengelolaan sampah bukan saja ada di pundak pemerintah, tetapi juga di pundak masyarakat. Banyak proyek digulirkan sehubungan dengan sosialisasi pengelolaan persampahan, lebih tepatnya proyek 3R (reduce, reuse, recycle). Di negara maju seperti Jepang, 3R bukan lagi hal baru, tapi sudah merupakan bagian dari budaya masyarakat Jepang. Kita-kita yang dari negara berkembang, negara yang amburadul pengelolaan persampahannya, ketika tinggal di mis: Jepang, memang agak shock culture waktu harus memilah sampah, meletakkan sampah di tempatnya sesuai dengan jadwalnya.

Ketika pernah terlibat dalam memberikan pelatihan 3R di suatu kota, melatih masyarakat setempat untuk melakukan pemilahan sampah, mendampingi pelaksanaan pengomposan di skala RT, ada satu pertanyaan dari seorang ibu yang sampai sekarang masih mengganggu pikiran, ‘kalau kita sudah memilah sampah, sampah organik kita kompos, terus sampah lainnya, mis. plastik, kita apakan? ‘. Pertanyaan ini sangat sederhana, tapi justru di sinilah letak permasalahan sampah di Indonesia.

Budaya memilah sampah di masyarakat Jepang kenapa dapat tumbuh subur dan terjaga dengan baik? karena mereka tahu setelah memilah sampah, harus dikemanakan, ada petunjuk yang detil meliputi pemilahan jenis sampah, jenis plastik wadah sampah dan jadwal pembuangan dari Pemerintah lokalnya. Pemerintah mereka tidak hanya membagikan slogan 3R, tetapi juga menyediakan sistem transportasi sampah sesuai jenis sampah yang dipilah, dan sistem pengolahan akhir sampah yang optimal untuk memanfaatkan masing-masing jenis sampah. Jadi bisa disimpulkan, upaya masyarakat mereka, memilah sampah sampahnya tiap hari, tidak sia-sia. Tetapi bernilai ekonomi karena sampah tersebut akan diolah kembali untuk dimanfaatkan.

Kemudian, jika memperhatikan negara kita, sistem transportasi sampahnya, sistem pengolahan akhir sampahnya (operasional tempat pengolahan akhir (TPA) sampah), apakah ada container (TPS) yang dipisah sesuai jenis sampah? apakah ada jadwal pengangkutan sampah sesuai jenis sampah? apakah sampah yang diangkut ke TPA dikelola sesuai jenisnya? Segiat apapun sosialisasi tentang partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, kalau tidak ada langkah nyata dari Pemerintah untuk memperbaiki sistem pengelolaan sampahnya, pertanyaan seperti yang dilontarkan seorang ibu di atas itu tidak akan pernah bisa terjawab.

SR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s