Formula 1 dan MotoGP

Posted: July 9, 2009 in Sport Review

Siapa yang tidak kenal dengan balapan paling bergengsi di muka bumi ini, Formula 1 untuk kategori roda 4 dan MotoGP untuk kategori roda 2. Kalau ada laki-laki yang gak kenal dua balapan ini, perlu dipertanyakan kelelakiannya (he he he…).

Apa yang membedakan kedua jenis balapan ini dengan balapan lainnya? segala sesuatu yang melekat di kedua jenis kendaraan racing ini adalah prototipe, artinya belum turun di jalan raya, artinya merupakan teknologi terdepan yang ada di muka bumi. Mulai dari mesin, sistem elektronik, sistem aerodinamik, chasis, braking system, helm, roda, etc, adalah yang belum pernah ada di jalan raya. Hal ini yang menjadikan racing ini menarik untuk dinikmati.

Kalau menilik kondisi di atas, tak terbayang berapa biaya yang dihabiskan untuk operasional satu racing team. Tidak heran, ditengah global krisis yang melanda di awal tahun 2009, team honda F1 akhirnya gulung tikar, sedangkan tim factory Kawasaki MotoGP pun menyatakan mundur, walaupun akhirnya masih mau dinegosiasi untuk menurunkan 1 motornya dibawah privater tim, Hayate, namun, kawasaki sama sekali tidak mensuplay new parts selama musim 2009 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s